Kesehatan

Penyebab Hidung Tersumbat Dan Tips Mudah Mengatasinya

Hidung yang tersumbat akan membuat Anda menjadi tidak nyaman dalam melakukan aktivitas. Hidung yang tersumbat tentu banyak penyebabnya. Hidung yang tersumbat bisa terjadi saat jaringan yang ada dalam hidung anda mengalami gangguan. Gangguan dapat disebabkan karena iritasi saat anda menghirup polusi udara, bisa yang berasal dari asap kendaraan maupun dari asap yang lain. Selain karena polusi, hidung tersumbat juga disebabkan karena alergi, sinusitis, serta infeksi, senbagai contoh ISPA serta influenza.

Penyebab Hidung Tersumbat

Saat anda sedang mengalami alergi maupun menghirup udara kotor, maka selaput yang melapisi saluran hidung anda akan meradang. Ketika dalam kondisi yang demikian inilah maka hidung akan memproduksi cairan untuk mengusir apapun atau segala sesuatu yang mengganggu yang ada dalam hidung anda. keberadaan cairan pengusir gangguan inilah yang menjadi penyebab hidung menjadi tersumbat.

Penyebab Hidung Tersumbat

Seperti yang telah diutarakan di atas, bahwa penyebab hidung tersumbat beraneka macam. Berikut ini penjelasan yang lebih detail mengenai penyebab dari hidung tersumbat.

  1. Batuk pilek
  2. Keluhan batuk-batuk serta pilek sering terjadi karena keberadaan benda asing seperti kotoran, infeksi maupun peradangan yang ada pada saluran napas tepatnya saluran pernapasan pada bagian atas, seperti hidung serta tenggorokan. Ketika anda dalam keadaan pilek, maka hidung Anda mungkin akan mengalami penyumbatan. Pilek biasanya dapat hilang dengan sendirinya dengan waktu 7 hingga 10 hari lamanya.

  3. Flu
  4. Flu atau yang dikenal dengan influenza sering terjadi karena keberadaan virus. Virus ini menyerang sistem pernapasan pada manusia, seperti tubuh pada bagian hidung, tenggorokan, serta paru-paru. Keadaan ini sangat memungkinkan untuk membuat hidung menjadi tersumbat. Pada dasarnya flu sama dengan pilek dimana flu akan reda dengan sendirinya, namun apabila terjadi komplikasi, maka komplikasi itulah yang bisa membahayakan kesehatan anda.

  5. Sinusitis akut
  6. Biasanya sinusitis akut terjadi karena perkembangan dari batuk pilek ini. keadaan ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya dengan waktu setidaknya 10 hari. Tetapi, pada saat sinusitis terjadi, maka jaringan yang ada dalam hidung akan meradang serta membengkak sehingga menyebabkan rongga hidung menjadi sempit. Produksi cairan hidung juga bisa meningkat. Hal-hal seperti inilah yang bisa menjadi penyebab hidung tersumbat.

  7. Alergi
  8. Saat penderita alergi terpapar karena zat-zat penyebab alergi, maka tubuh dengan sendirinya akan memberikan reaksi. Pada rinitis alergi, terjadi suatu gangguan yang terjadi pada sistem pernapasan, di mana produksi cairan yang ada dalam rongga hidung meningkat, sehingga menimbulkan reaksi bersin-bersin maupun pilek. Pada keadaan demikian ini, yang menjadikan hidung dalam keadaan tersumbat.

    Cara Mengobati Hidung Tersumbat

    Ada beragam cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati hidung yang tersumbat. Beberapa jenis pengobatan ini dapat anda lakukan dengan dikonsumsi diantaranya adalah sebagai berikut:

    1. Minum obat penghilang rasa sakit
    2. Obat yang memiliki kandungan paracetamol maupun ibuprofen bisa membantu menghilangkan rasa sakit ketika hidung tersumbat.

    3. Antihistamin
    4. Antihistamin, adalah pengobatan yang dilakukan untuk meredakan alergi serta membantu untuk mengurangi keluhan pada hidung tersumbat.

    5. Dekongestan
    6. Sifat dari zat ini ialah membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada hidung karena keadaan yang menyebabkan hidung tersumbat.

    Selain dengan pengobatan di atas, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu dalam meredakan hidung yang tersumbat, ialah:

  9. Minum lebih banyak cairan. Hal ini berjutuan untuk mengentalkan cairan pada hidung.
  10. Menghirup uap air hangat.
  11. Mandi dengan air hangat.
  12. Membasuh wajah menggunakan handuk hangat.
  13. Menjauhi aktivitas berenang dalam kolam yang terdapat klorin.
  14. Berbagai cara di atas bisa anda lakukan untuk membantu mengurangi gejala hidung tersumbat. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *