Kesehatan

Ini Dia 4 Efek Samping Daun Sirsak Jika Dikonsumsi Berlebihan

Ini Dia 4 Efek Samping Daun Sirsak Jika Dikonsumsi Berlebihan

Meskipun daun sirsak dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit , namun ternyata ada efek sampingnya juga jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Ya, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan memang akan berujung tidak baik nantinya.

Keinginan untuk segera sembuh dari suatu penyakit inilah yang mengakibatkan Anda menjadi keblabasan dalam mengonsumsi ramuan dari daun sirsak. Meskipun ramuan herbal ini alami, namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi mengenai efek samping daun sirsak jika dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Parkinson

Jika Anda mengonsumsi ramuan daun sirsak secara berlebihan dan terus menerus, maka akan memicu kerusakan pada saraf yang nantinya akan menimbulkan penyakit parkinson.

Hal tersebut disebabkan, daun sirsak dapat mematikan sel saraf yang ada di otak maupun yang ada di bagian tubuh yang lainnya sehingga akan terjadi gangguan pergerakan seperti hal yang dialami oleh penderita parkinson.

Tentu saja Anda tidak ingin kan hal tersebut terjadi? Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi ramuan daun sirsak secara berlebihan, konsumsinya sewajarnya saja agar efek samping daun sirsak tidak menghantui tubuh Anda.

  1. Kurang cairan

Daun sirsak memiliki sifat diuretik yang bisa mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi jika dikonsumsi secara berlebihan. Tentu saja efek samping daun sirsak sangat membahayakan tubuh Anda dan dapat mengakibatkan kematian.

Ketika ramuan ini bekerja untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, bersamaan itu pula tubuh akan mengeluarkan banyak cairan. Sebaiknya jika Anda mengonsumsi ramuan dari daun sirsak secara rutin diimbangi juga dengan meminum air putih yang banyak agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan dan tetap kuat dalam beraktivitas.

  1. Asam lambung meningkat

Meskipun terbilang aman untuk lambung, namun senyawa yang ada pada daun sirsak juga dapat memicu naiknya asam lambung bahkan sampai ke tenggorokan. Tentu saja hal tersebut akan membuat Anda tidak nyaman.

Nah, untuk mengatasi efek samping daun sirsak tersebut, Anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi susu kambing, kunyit, jahe, kacang hijau, aloe vera, air kelapa, ataupun oatmeal.

Sayur-sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, wortel, timun, pisang, mangga, apel, kentang, semangka juga sangat baik untuk penderita asam lambung. Jadi, jika asam lambung Anda naik, maka beberapa alternative sayuran dan buah-buahan tersebut bisa Anda coba.

Ada beberapa hal yang harus Anda hindari agar tidak mengalami asam lambung naik yaitu hindari makan pedas, berlemak, berminyak, asam, mengandung banyak gas, makanan dalam kemasan kaleng, alkohol, soda, kopi, minuman berenergi, dan makanan kemasan lainnya yang bisa memicu asam lambung naik.

  1. Susah BAB

Meskipun buah sirsak sangat baik untuk pencernaan karena mengandung banyak serat, namun hal tersebut tidak berlaku untuk daun sirsak. Dimana, daun sirsak justru dapat mempengaruhi produksi lendir sehingga menghambat proses penyerapan nutrisi pad makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut pun mengakibatkan Anda sulit buang air besar.

Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berserat saat meminum ramuan herbal dari daun sirsak. Makanan berserat bisa didapatkan dari buah sirsak, buah pepaya, dan yang lainnya.

Agar Anda terhindari dari efek samping daun sirsak tersebut, alangkah lebih baik jika tidak mengonsumsi ramuan herbal daun sirsak secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh Anda. Selalu jaga kesehatan dan jangan lupa untuk selalu membudidayakan gaya hidup sehat. Sayangi tubuh Anda karena ini merupakan aset di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *