Lain lain

Apa yang Dimaksud dengan Tanah Longsor?

Apa yang Dimaksud dengan Tanah Longsor

Seiring dengan banyaknya pemberitaan mengenai bencana yang kerap terjadi di beberapa daerah dan terkadang menimbulkan banyak korban, kini mulai bermunculan pertanyaan tentang apa yang dimaksud dengan tanah longsor?

Sebenarnya bencana tanah longsor adalah kejadian runtuhnya gumpalan tanah yang disebabkan karena adanya pergerakan dari bantuan maupun tanah yang tidak kuat menopang beban di atasnya yang dipengaruhi oleh beberapa factor, baik dari alam maupun dari manusia.

Tak jarang banyak oknum yang sengaja menebang pohon di hutan secara liar, bahkan sampai menjadikan hutan gundul tanpa memikirkan akibat yang akan timbul. Akibat terparahnya yaitu tidak ada lagi tanaman yang bisa menopang tanah ketika hujan, sehingga peluang longsornya tanah semakin besar.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan tanah longsor? Agar lebih jelas berikut beberapa penjelasan tentang bencana tanah longsor:

  1. Pengertian Tanah Longsor dan Penyebabnya

Menurut beberapa alhi, tanah longsor merupakan sebuah fenomena alam yang menjadikan kestabilan tanah rusak. Kerusakan pada tanah ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari alam maupun dari manusia, berikut beberapa faktor yang menyebabkan tanah longsor:

  • Terjadi hujan lebat
  • Gempa bumi dengan tekanan tinggi
  • Penebangan pohon liar
  • Penambangan tambang yang berlebihan
  • Berat yang ditanggung lereng tidak seimbang dengan bangunan perumahan yang ada di atas lereng gunung

Jika Anda tidak ingin bencana ini terjadi maka hindari beberapa perilaku dan aktivitas yang menjadi penyebabnya. Misal aktivitas penebang pohon liar dan penambangan yang terlalu berlebihan.

  1. Jenis-jenis Tanah Longsor

Setelah mempelajari pengertian dan beberapa penyebabnya, apakah Anda sudah tau apa yang dimaksud dengan tanah longsor? Jika sudah maka bisa berlanjut untuk memahami beberapa jenis longsoran. Hal ini perlu untuk dilakukan sebab jenis longsoran yang terjadi di beberapa daerah tentunya berbeda satu dengan yang lainnya.

Jenis dan tipe dari longsoran ini sangat bergantung pada jenis gerakan bahkan juga bobot atau massa pada gumpalan tanah yang terjatuh. Berikut adalah beberapa jenis longsoran yang dibedakan dari massa dan jenis gerakannya:

  • Longsoran Translasi

Ini merupakan salah satu jenis longsoran yang terjadi karena pergerakan dari suatu massa tanah atau batuan di bidang gelincir dengan bentuk rata maupun menggelombang landai.

  • Longsoran Rotasi

Ini merupakan jenis longsoran yang terjadi karena adanya pergerakan massa tanah maupun batuan dengan bentuk cekung.

  • Pergerakan Blok

Yaitu jenis longsoran yang terjadi akibat pergerakan bantuan dan tanah dengan bentuk rata.

  • Runtuhan Batu

Yaitu jenis longsoran yang ada ketika sebagian besar batuan maupun material mulai bergerak ke arah bawah dan jatuh dengan bebas. Pada umumnya longsoran ini bisa ditemukan pada kawasan pantai dengan bentuk lereng yang terjal hingga lerengan yang menggantung.

  • Rayapan Tanah

Ini merupakan salah jenis longsoran dengan bentuk tanah berupa butiran bertekstur kasar yang pergerakannya tergolong lambat.

  • Aliran bahan rombakan

Longsoran ini terjadi pada saat massa dari tanah mengalami pergerakan karena adanya dorongan air.

Apakah dari beberapa penjelasan di atas Anda sudah paham mengenai apa yang dimaksud dengan tanah longsor? Jika sudah, maka hindari beberapa hal yang menyebabkan bencana ini sebagai wujud pencegahan. Misalnya dengan tidak membuat lahan untuk bercocok taman dengan bentuk curam terutama di daerah pegunungan dan juga tidak melakukan penebangan pohon secara liar. Selain itu, jaga juga alam dengan melakukan reboisasi secara berkala.

Kunjungi junga Artikel terkait Gamis Jumbo Model polos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *